Bagaimana cara memilih notaris yang baik?

Bagaimana cara memilih notaris yang baik?
Click tombol berikut untuk berbagi :

 

Tidak terasa sudah lama idProperti.com tidak berbagi artikel.
Pada kesempatan kali ini, kami ingin membahas tentang Notaris yang berfungsi sebagai PPAT (Pejabat Pembuat Akte Tanah) dan cara memilih notaris yang baik.


Notaris adalah pejabat umum yang berwenang untuk mengesahkan akta jual beli (AJB), akta pembagian hak tanggungan, balik nama sertifikat hingga untuk memeriksa keabsahan dari suatu sertifikat.


Anda tidak boleh asal pilih dalam menggunakan jasa notaris, karena pada umumnya tidak semua notaris dapat diandalkan sehingga dapat menimbulkan permasalahan kedepannya.


Berikut adalah beberapa tips dalam memilih notaris yang baik :
1. Hanya memilih notaris atau PPAT yang terpercaya dan jujur
Memilih notaris bukan hanya dari nama yang tenar, tetapi perhatikanlah cara kerja dan integritasnya. Selalu tanyakan klien yang pernah ditangani. Notaris yang banyak melayani klien dari bank atau lembaga lebih dapat dipercaya.


2. Langsung datangi sendiri ke kantor Notaris
Anda wajib mendatangi sendiri kantor Notaris, lihatlah dengan seksama apakah notaris tersebut berkualitas (bisa juga diperhatikan kegiatan di kantor). Hal ini sangat penting mengingat dokumen penting anda mungkin akan disimpan oleh PPAT / notaris tersebut.


3. Notaris senior bukan berarti lebih berkualitas
Tolak ukur dari profesional tidak dapat dilihat dari umur pribadi notaris tersebut, melainkan dari jam terbang dan kualitas klien yang pernah ditangani.


Pertimbangkanlah dengan baik dalam memilih notaris / PPAT, jangan mudah percaya.
Mungkin hanya ini yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini.


Selamat Bertransaksi Properti
idProperti.com